TEKNIK DAN PANDUAN MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN BLIBIOGRAPH




Cara Membuat Kutipan dan Sumbernya
Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).

Untuk membuat kutipan kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1.      Klik Pada menu References tab, terdapat Citations & Bibliography didalam menu references, klik tanda panah pada Style
2.      Pilih gaya penulisan, misalnya turabian sixt edition
3.      Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
4.      Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
5.      Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
6.    Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
7.   Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.
8. Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
9.      Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
10.  Klik OK bila sudah selesai.
11.  Pada dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.

Cara Membuat Daftar Pustaka (Bibliografi)

Daftar pustaka merupakan salah satu komponen yang penting dalam menyusun laporan, skripsi, karya ilmiah, jurnal, buku, atau makalah. Biasanya daftar pustaka ini berada pada halaman akhir karya yang kita buat. Lalu, tahukah Anda jika pada Microsoft Word terdapat fitur yang otomatis mengorganisir daftar pustaka?
Anda tidak perlu khawatir jika Anda lupa format penulisan daftar pustaka. Word akan menyesuaikan dengan jenis daftar pustaka yang Anda miliki seperti apakah berasal dari buku, jurnal, website, dan sebagainya dengan atribut dan format masing-masing.
1.      Buka file Anda yang ingin dibuat daftar pustakanya pada Miscrosoft Word.
2.       Kemudian, klik tab References lalu pilih Manage Sources.
3.      Klik New untuk membuat satu referensi daftar pustaka.
4. Pilih Type of Source apakah referensi Anda berasal dari sebuah artikel, buku, jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh Word.
5.    Type of source yang Anda pilih akan sesuai dengan atribut-atribut yang muncul. Isi masing-masing kolom atribut yang ada terkait pengarang, judul, tahun, kota, penerbit, dan lain-lain. Klik OK setelah selesai.
6.     Setelah itu, muncul tampilan seperti berikut ini dimana ditampilkan daftar referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.

Noted: Terdapat beberapa tombol seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk menghapus daftarEdit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait referensi yang dipilih dimana Anda dapat mengubah atribut yang tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.
7.    Kemudian, setelah Anda menambahkan semua daftar referensi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan menampilkannya ke daftar pustaka pada lembar kerja Anda. Pilih bagian References, klik Bibliography dilanjutkan dengan mengklik Insert Bibliography.

Noted: Untuk menambahkan daftar baru, Anda dapat mengulangi cara di atas dengan mengklik tombol New pada Source Manager seperti pada langkah ke 3. Adapun untuk meng-update daftar pustaka pada lembar kerja, Anda juga dapat mengulangi cara yang sama dengan sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah Insert Bibliography pada langkah ke 7.

Sebelum meng-update, hapus terlebih dahulu daftar yang ada di lembar kerja Anda, sehingga Anda memulainya dari lembar kosong. Jika tidak, daftar pustaka Anda akan memiliki dua daftar di mana daftar pertama memuat daftar yang lama, sementara daftar kedua merupakan daftar yang telah diperbarui.

keuntungan menggunakan jaringan WAN (Wide Area Network)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN MICROSFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT WORD 2010

DROP CAP, COLUMNS, HEADER & FOOTER, CLIP ART DAN WATERMARK, PAGE BORDER, SMART ART, FOOTNOTE DAN COMMENT

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 , MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL