PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 , MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL
Microsoft Excel atau sering disebut
dengan Excel merupakan program untuk mengolah angka/data secara otomatis, yang
meliputi perhitungan dasar matematika, penggunaan fingsi-fungsi tertentu,
pengolahan data, pembuatan grafik dan manajemen data. Selain itu Microsoft
Excel juga dapat digunakan untuk berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana,
hingga urusan yang kompleks.
A. MENU FILE
·
New, Membuat lembar kerja baru.
·
Open, Membuka file yang pernah disimpan baik di harddisk,
CD ataupun disket.
·
Close, Menutup jendela workbook yang akti
·
Save, Menyimpan workbook yang masih aktif.
·
Save As, Menyimpan workbook yang belum diberi nama atau
menyimpan workbook dengan nama baru.
·
Save As Web Page, Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.
·
Save Workspace, menyimpan workbook aktif sebagai file
workspace.
·
Web Page Preview, Melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang
akan dicetak.
·
Page Setup, Mengatur setting halaman workbook yang akan
dicetak, seperti header atau footer, margin, dan ukuran kertas.
·
Print Area, Untuk menentukan daerah lembar kerja yang akan di
cetak.
·
Print Preview, Melihat lembar kerja sebelum dicetak.
·
Print, Mencetak lembar kerja
·
Send To, mengirim lembar kerja ke penerima e-mail (Mail
Recipient), mengirim lembar kerja ke penerima tertentu berdasarkan rute
pengiriman tertentu (Routing Recipient), mengirim lembar kerja ke folder
Microsoft
·
Exchang (Exchange Folder), Mengirim lembar kerja yang aktif sebagai fax
(Fax Recipient), mengirim lembar kerja ke program PowerPoint sebagai slide.
·
Properties, Membuat ringkasan file workbook yang aktif
·
Exit, Keluar dari Ms. Excel dan menutup seluruh lembar
kerja
B. MENU EDIT
·
Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.
·
Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan
dengan perintah Undo.
·
Cut, Memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus,
hyperlink, komentar) dalam range atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau
antar lembar kerja.
·
Copy, Menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar,
hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar
kerja atau antar lembar kerja.
·
Paste, fasilitas ini mendukung perintah Cut dan Copy data
yang ada di lembar kerja.
·
Paste Special, Fasilitas ini juga endukung perintah Cut dan Copy
data yang ada di lembar kerja.
·
Paste as Hyperlink, fasilitas ini mendukung peirntah Cut dan Copy
terhadap hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai
hyperlink.
·
Fill, mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke
bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data
dengan cepat.
·
Clear, Membersihkan atau menhapus semua data (All), format
data (formats), komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar
kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel,
range, kolom, dan baris).
·
Delete Sheet, Fasilitas menghapus sheet pada lembar kerja anda.
·
Move or Cop Sheet, Memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja
atau antar lembar kerja.
·
Find, Mencari data nilai, rumus atau formula, dan
komentar pada lembar kerja.
·
Replace, Mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
·
Go To, Memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar,
rumus, konstanta dan yang lainnya.
·
Links, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di
file aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe
·
Object, Mengedit object yang berasal dari insert yang
berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.
C. MENU VIEW
·
Normal, Menampilkan lembar kerja Ms. Excel dalam status
normal.
·
Page Break Preview, Melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.
·
Toolbars, Memunculkan toolbar Ms. Excel yang terdiri dari :
Standard, Formatting, Chart, Control Toolbox,
·
Drawing, External Data, Forms, Pictore, PivotTabel,
Reviewing, Visual Basic, Web, WordArt, dan Customize
·
Formula Bar, Menampilkan Status Bar (Baris Status) berisi teks
untuk menjelaskan status operasi untuk digunakan selanjutnya.
·
Header dan Footer, Membuat header dan footer sebagai efek cetakan.
·
Comments, menampilkan toolbar Reviewing dan Comment pada
lembar kerja.
·
Custom Views, menyimpan beberapa area cetak di dalam
workbook.
·
Full Screen, Menampilkan lembar kerja satu tayanyan penuh.
·
Zoom, Mengubah ukuran penampilan lembar kerja Ms. Excel.
D. MENU
INSERT
·
Cells, Menyisipkan sel berisi data atau sel kosong yang
berbentuk satu sel, satu baris sel, satu kolom sel, beberapa baris sel dan
beberapa kolom.
·
Rows, Menyisipkan satu baris sel.
·
Columns, Menyisipkan satu kalom sel.
·
Woorksheet, Menyisipkan lembar kerja atau menyisipkan grafik
(Chart)
·
Page Break, Untuk membuat potongan halaman (ditandai dengan
garis putus-putus) yang tercetak menjadi beberapa bagian halaman.
·
Function, Menyisipkan fungsi logika, database, statistic,
trigonometeri, financial pada lembar kerja
·
Name, Untuk menyisipkan nama rang data, menampilkan
nama range data dan membuat rang untuk label pada lembar kerja.
·
Comment, Memberikan komentar ke lembar kerja.
·
Picture, Untuk menyisipkan gambar dari fasilitas ClipAt,
From File (biasanya file hasil Scan), AutoShapes,
·
Organization Chart, WordArt dan
From Scanner or Camera.
·
Object, Menyisipkan object yang pernah dibuat dengan
Ms. Word.
·
Hyperlink, Menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada
lembar kerja untuk membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan
di harddisk, internet, server jaringan dan lain-lain.
E. MENU
FORMAT
·
Cells, Menentukan format sel yang akan dibuat baik format
angka, font, border, dan yang lainnya.
·
Row, Mengatur tinggi baris pada satu sel atau beberapa
sel dan menyembunyikan atau menampilkan baris.
·
Column, Mengatur lebar kolom, menyembunyikan dan
mengembalikan kembali kolom yang telah disembunyikan.
·
Sheet, Memformat sheet yang sedang aktif.
·
AutoFOrmat, Menggunakan fasilitas format yang disediakan
Ms. Excel untuk membuat format table yang terdapat pada kotak dialog
AutoFormat.
·
Conditional Formatting, Untuk memmformat nilai-nilai dalam sel yang di
sorot pada lembar kerja.
·
Style, Memformat dan mengubah
F. MENU
TOOLS
·
Spelling, Memeriksa data pada lembar kerja yang
diaktifkan yang mencakup memeriksa sel berisi angka, nilai, komentar, grafik,
kotak teks, header dan footer.
·
Autocorrect, Mengubah, menghapus dan mengoreksi data yang
ada pada lembar kerja secara otomatis.
·
Share Workbook, Untuk berpindah ke modus share workbook dimana
memungkinkan kita sendiri atau pengguna yang lain dalam suatu jaringan computer
untuk mengubah dan menyimpan workbook yang persis sama isinya.
·
Track Changes, Melihat pengubahan data yang dilakukan atau oleh
pengguna lain berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahanitu terjadi di
dalam jaringan computer.
·
Merge Workbooks, Menggabungkan (merger) pengubahan dari beberapa
share workbook ke sebuah workbook.
·
Protection, mengamankan data atau memproteksi sheet,
workbook dan share workbook.
·
Onlaine Collaboration, Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta
dengan jadwalnya. Fasilitas in terdiridari : MeetNow, Schedule Meeting dan Web
Discussion.
·
Goal Seek, Mengubah nilai pada rumus sesuai dengan
keinginan pada sel atau pada grafik.
·
Scenarios, Membuat, menampilkan, menghapus, mengedit scenario
dan membuat ringkasan laporan scenario pada lembar kerja Ms. Excel
·
Auditing, Meletakkan rumus yang menggunakan nilai pada sel
aktif, mengatur sel yang meletakkan data ke rumus, menyembunyikan nilai yang
salah pada sel, mencirikannilai yang salah pada sel, mengatur sel pada lembar
kerja lain yantuk meletakkan data pada rumus dan memindahkan satu atau lebih
tingkat dari panan perunut (tracer).
·
Macro, Membuat atau mejalankan program macro, mengedit
atau menghapus macro yang di buat.
·
Add-Ins, Mengaktifkan atau menonaktifkan program Add-ins
milik Ms. Excel
·
Customize, Menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan
toolbar sesuai dengan keingingan pengguna.
·
Options, Menuntun kita dalam menggunakan delapan tabulasi :
View, Calculation, Edit, General, Transition, Custom Lists, Chart, Color.
G. MENU DATA
·
Sort, Mengurutkan (sorting) data dari yang terbesar
ke terkecil atau dari yang terkecil ke terbesar.
·
Filter, Mengurutkan dan mengelola daftar data.
·
Form, Menangani record yang ada dalam daftar yaitu
membuat atau menambah record, menghapus record, menampilkan criteria record
yang dihapus, menemukan record sebelumnya, menemukan record selanjutnya dan
menentukan criteria record.
·
Subtotals, Menghitung nilai subtotal dan total akhir suatu
daftar.
·
Validation, Membatas jenis data yang dapat dimasukkan dalam
sel dan range yang mencakup angka bulat, angka decimal atau teks.
·
Table, membuat satu atau lebih variable data pada
table dan menambah rumus pada satu variable data yang ada dalam table.
·
Teks to Columns, Mengubah data berbentuk teks menjadi kolom pada
lembar kerja.
·
Consolidate, konsolidasi data berdasarkan pada posisi,
kategori, menambah daerah sumbar data lain untuk konsolidasi, memperbaharui
konsolidasi jika data diubah, mengubah acuan sumber data dalam konsolidasi,
menghapus sumber daerah acuan dari konsolidasi.
·
Group and Outline, Menggabungkan (Group) dan pembingkaian (Outline)
data yang pada lembar kerja seperti object, numeric, dan lainnya.
·
Pivot Table and Pivot Chart
Report, membuat
table pivot dan grafik pivot di lembar kerja.
·
Get External Data, melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data
eksternal seperti Web Query, database query dan lainnya.
·
Refresh Data, menyegarkan kembali data yang diperoleh dari data
luar (external) dan table fivot.
H. MENU
WINDOW
·
New Window, Memperlihatkan lembar kerja yang sedang di edit
pada jendela baru (new window).
·
Arrange, Mengatur jendela dari workbook aktif agar dapat
melihat seluruh workbook aktif tersebut.
·
Hide, Menyembunyikan workbook aktif.
·
Unhide, Menampilkan kembali workbook yang
disembunyikan.
·
Split, Membagi lembar kerja dari workbook aktif
menjadi beberapa bagian.
·
Freeze Panes, Membekukan bagian lembar kerja agar kita tetap
dapat melihat sel yang ada di bagian bawah atau kanan lembar kerja.
Komentar
Posting Komentar