TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE MS WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL



Fungsi mail marge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat, Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
1.                  Siapkan atau buat surat yang akan dibuat surat masal

Contoh surat:
Kepada Yth,
Pimpinan…
            Di _ …

Assalamualaikum wr.wb
            Sehubungan dengan adanya praktik kerja lapangan yang akan dilaksanakan pada 26 Juni sampai dengan 26 juli 2019. Maka kami dari pihak univeristas  memohon untuk menerima mahasiswa/mahasiswi kami untuk dapat magang ditempat perusahaan yang anda pimpin.
 Adapun nama mahasiswa/ mahasiswi kami yaitu :
No
Nama Mahasiswa
NIM
1
AJENG PRISCILIA
161510014
2
SUKIMAN
161510015
3
BUDI SANTOSO
161510016






            Demikian surat permohonan ini kami ajukan, besar harapan kami agar Bapak/Ibu yang memimpin perusahaan untuk dapat mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb
                                                                                                            Hormat Kami

                                                                                                             Ka.prodi

2.                  Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.

3.                  Pada popup menu, pilih Type New List.
    
4.                  Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat. 


5.                  Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
6.                  Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
7.                  langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
8.                  Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
9.                  Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.

keuntungan menggunakan jaringan WAN (Wide Area Network)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN MICROSFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT WORD 2010

DROP CAP, COLUMNS, HEADER & FOOTER, CLIP ART DAN WATERMARK, PAGE BORDER, SMART ART, FOOTNOTE DAN COMMENT

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 , MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL