TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE MS WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL
Fungsi
mail marge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat
edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan
tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua
surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat, Untuk membuat
surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Siapkan atau buat surat yang akan dibuat surat
masal
Contoh surat:
Kepada
Yth,
Pimpinan…
Di
_ …
Assalamualaikum
wr.wb
Sehubungan
dengan adanya praktik kerja lapangan yang akan dilaksanakan pada 26 Juni sampai
dengan 26 juli 2019. Maka kami dari pihak univeristas memohon untuk
menerima mahasiswa/mahasiswi kami untuk dapat magang ditempat perusahaan yang
anda pimpin.
Adapun
nama mahasiswa/ mahasiswi kami yaitu :
No
|
Nama
Mahasiswa
|
NIM
|
1
|
AJENG
PRISCILIA
|
161510014
|
2
|
SUKIMAN
|
161510015
|
3
|
BUDI SANTOSO
|
161510016
|
Demikian surat permohonan ini kami ajukan, besar harapan
kami agar Bapak/Ibu yang memimpin perusahaan untuk dapat mempertimbangkan
permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum
wr.wb
Hormat Kami
Ka.prodi
2.
Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya
pilih select recipient pada group start mail merge.
3.
Pada popup menu, pilih Type New List.
4.
Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik
customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.
5.
Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai
dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat
anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk
memudahkan menghapus data field.
6.
Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new
address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan
disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
7.
langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda
tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
8.
Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan
simpan.
9.
Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan
klik preview result untuk melihat hasilnya.



Komentar
Posting Komentar