MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD 2010
Tabel adalah sekumpulan kotak yang tersusun ke
dalam baris dan kolom. Tabel dapat digunakan untuk mengatur jenis konten,
khususnya jika pekerjaan Anda adalah mengolah teks atau data numerik agar mudah
dipahami. Dengan Microsoft Word, Anda dapat menambahkan tabel kosong atau
mengubah teks / konten yang ada menjadi
sebuah tabel dengan cepat. Anda juga bisa menyesuaikan tabel yang Anda buat
menggunakan gaya dan tampilan yang berbeda-beda. Itulah salah satu fungsi software pengolah kata dari
Microsoft Corp. ini yang bisa Anda manfaatkan.
Lalu, seperti apa cara membuat tabel di Word? Anda
masih bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. berikut ini informasinya untuk
Anda:
1. Menambahkan tabel kosong
Tentu saja, Anda harus menambahkan sebuah tabel
kosong pada lembar Word Anda. Cara menambahkannya cukup mudah kok, berikut ini
cara-caranya:
1.
Tempatkan kursor teks di mana Anda hendak
menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word
Anda. Apakah Anda sudah menemukannya?
2.
Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016,
kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.

3. Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang
berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk
memilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang
berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak
membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka
Anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6
kotak dari atas.
4. Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris
yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya,
tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda

5. Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks
di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik
Noted: Untuk berpindah dari satu kotak ke kotak
sebelahnya, Anda bisa menggunakan tombol Tab atau tombol panah pada keyboard.
Jika kursor teks berada di kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka
kursor teks akan secara otomatis membuat baris baru.
2. Memodifikasi tabel
Setelah Anda menerapkan cara membuat tabel di
Word yang telah kami berikan di atas, kini Anda bisa mengatur tabel tersebut
agar sesuai keinginan. Dengan Word, Anda juga bisa mengubah tampilan tabel yang
telah ditambahkan ke dalam dokumen Anda dengan mudah. Ada beberapa pilihan
modifikasi, termasuk menambahkan baris atau kolom dan mengubah gaya layout
tabel. Berikut ini cara-caranya:
a. Menambahkan baris atau kolom
Anda juga dapat menambahkan kolom atau baris pada
tabel dengan cara klik kanan tabel, lalu pilih Insert untuk melihat berbagai
pilihan baris dan kolom seperti gambar di bawah. Anda bisa memilih untuk
menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta menambahkan baris di atas
atau bawah kotak yang Anda klik.

b.
Menghapus baris atau kolom
Jika tadi Anda
sudah tahu cara menambahkan kolom atau baris pada tabel, kini kami akan
menunjukkan cara menghapus baris atau kolom pada tabel yang Anda tambahkan di
Word. Berikut ini caranya:
1.
Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang
ingin Anda hapus.
2.
Klik kanan, lalu pilih “Delete Cell”.

3.
Menggunakan rumus sederhana di ms word 2010

1.
Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
2.
Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan
hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
3.
Bila menggunakan word 2010 klik pada Table Tools, Layout tab, Data group,
klik Formula.
4.
Microsoft Word akan memberikan formula:
1.
=SUM(ABOVE) bila sel
yang dipilih berada di bawah kolom angka.
2.
=SUM(LEFT) bila sel yang dipilih
berada di sebelah kanan baris angka.

5.
Untuk mengatur format angka, pada Number
Format, bila bentuk format yang diinginkan.
6.
Tekan OK, bila sudah selesai.
keuntungan menggunakan jaringanWAN (Wide Area Network)
Komentar
Posting Komentar