MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD 2010




Tabel adalah sekumpulan kotak yang tersusun ke dalam baris dan kolom. Tabel dapat digunakan untuk mengatur jenis konten, khususnya jika pekerjaan Anda adalah mengolah teks atau data numerik agar mudah dipahami. Dengan Microsoft Word, Anda dapat menambahkan tabel kosong atau mengubah teks / konten yang ada menjadi sebuah tabel dengan cepat. Anda juga bisa menyesuaikan tabel yang Anda buat menggunakan gaya dan tampilan yang berbeda-beda. Itulah salah satu fungsi software pengolah kata dari Microsoft Corp. ini yang bisa Anda manfaatkan.
Lalu, seperti apa cara membuat tabel di Word? Anda masih bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. berikut ini informasinya untuk Anda:
1. Menambahkan tabel kosong
Tentu saja, Anda harus menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar Word Anda. Cara menambahkannya cukup mudah kok, berikut ini cara-caranya:
1.      Tempatkan kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda. Apakah Anda sudah menemukannya?
2.      Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016, kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.
Hasil gambar untuk menu insert pada word
3. Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
4. Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda
 Hasil gambar untuk tabel insert
5. Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik
Noted: Untuk berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan secara otomatis membuat baris baru.
2. Memodifikasi tabel
Setelah Anda menerapkan cara membuat tabel di Word yang telah kami berikan di atas, kini Anda bisa mengatur tabel tersebut agar sesuai keinginan. Dengan Word, Anda juga bisa mengubah tampilan tabel yang telah ditambahkan ke dalam dokumen Anda dengan mudah. Ada beberapa pilihan modifikasi, termasuk menambahkan baris atau kolom dan mengubah gaya layout tabel. Berikut ini cara-caranya:

a.       Menambahkan baris atau kolom
Anda juga dapat menambahkan kolom atau baris pada tabel dengan cara klik kanan tabel, lalu pilih Insert untuk melihat berbagai pilihan baris dan kolom seperti gambar di bawah. Anda bisa memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang Anda klik.
Hasil gambar untuk tabel insert
b.      Menghapus baris atau kolom
Jika tadi Anda sudah tahu cara menambahkan kolom atau baris pada tabel, kini kami akan menunjukkan cara menghapus baris atau kolom pada tabel yang Anda tambahkan di Word. Berikut ini caranya:
1.      Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang ingin Anda hapus.
2.      Klik kanan, lalu pilih “Delete Cell”.
Hasil gambar untuk menghapus baris atau kolom
3.        Menggunakan rumus sederhana di ms word 2010
Hasil gambar untuk MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD 2010
1.      Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
2.      Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
3.      Bila menggunakan word 2010 klik pada Table ToolsLayout tab, Data group, klik Formula.
4.      Microsoft Word akan memberikan formula:
1.      =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
2.      =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.
Hasil gambar untuk MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD 2010
5.      Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
6.      Tekan OK, bila sudah selesai.
keuntungan menggunakan jaringan
 WAN (Wide Area Network)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN MICROSFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT WORD 2010

DROP CAP, COLUMNS, HEADER & FOOTER, CLIP ART DAN WATERMARK, PAGE BORDER, SMART ART, FOOTNOTE DAN COMMENT

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 , MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL